Fermentasi Bukan Basi.

20 November 2012

Tanpa kita sadari beberapa makanan tradisional atau umum yang kita konsumsi mengandung Bakteri, Jamur dan Mikroba. Tapi mereka bersifat baik-bersahabat dan gak nimbulin efek buruk untuk tubuh kita, bahkan ada juga yang memberikan manfaat baik untuk pencernaan. Disayangkan sih, beberapa masyarakat justru menilai jenis makananan ini Basi dan Untuk beberapa kalangan, fermentasi dianggap busuk. Sehingga makanan yang melalui proses fermentasi adalah makanan busuk, karena telah melewati proses-proses yang menghasilkan kadar asam dan atau menghasilkan beberapa Bakteri, Jamur dan Mikroba.

Hal utama penyebabnya karena pengetahuan yang kurang dan pemberian informasi yang salah dari lingkungan. Nah, apa aja sih makanan yang mengandung makanan Berbakteri, Jamur dan Mikroba itu.. Ini dia:

1. Tempoyak.
Makanan asli Palembang yang terbuat dari Durian Matang (Manis), difermentasi didalam Kaleng atau Toples kemudian dikasih garam. Didiamkan selama beberapa hari. Rasa yang dihasilkan itu Asam, gurih dan manis. Tempoyak biasanya dikonsumsi sama nasi atau ditumis dengan bawang atau bisa juga dimasak jadi Pepes Ikan atau nama lainnya: Pais Tum-Tum.

2. Yogurt.
Kalo yang ini biasanya disukai sama temen-temen yang mau pencernaannya lebih lancar atau lagi proses diet disertai olahraga. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus adalah Bakteri yang ikut berperan didalamnya. Bakteri inilah yang membantu kita untuk melancarkan proses perncernaan.

3. Oncom.
Siapa yang belum pernah coba Oncom?.. Bahan baku makanan asal sunda ini terkenal dengan cita rasa asin dan gurih, rasa itu dihasilkan oleh Jamur Neurospora sitophila. Biasanya Oncom dikonsumsi dengan cara ditumis dengan Lencak atau jadi bahan isian untuk Combro.

4. Tape (Peyeum).
Singkong difermentasi apalagi kalo bukan Tape bahasa bandung atau sundanya adalah Peyeum.. Bukan Peyeumpuan yah. :P
Proses pembuatannya itu mudah, kita tinggal rebus singkong dan taburi Ragi (berisi Jamur Saccharomyces cerivisiae dan mikro ornanisme seperti Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis fibuligera) diatasnya. Diamkan beberapa hari dan jadi deeh. Tape sudah siap untuk dikonsumsi :))

Dan masih banyak lagi makanan yang pembuatannya dibantu sama Bakteri, Jamur dan Mikroba loh.. Kecap, Asinan, Tauco, Keju, Terasi, Sosis, bahkan Roti. Jadi Point of Viewnya diubah yah. Walau gak semudah itu. Fermentasi itu bukan basi. :)

Share This Post

2 komentar:

  1. Beberapa makanan di atas sudah pernah saya konsumsi nduk.
    Terima kasih informasinya.
    Saya di Palembang selama 6 tahun lho
    Salam hagat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Kembali Pakde ^^ *Aku panggil Pakde yah..*

    Palembang dimananya Pakde? :D
    Salam Hangat dari Jakarta

    BalasHapus