Arkeologi Palembang pada Bukit Siguntang.

16 April 2012

Palembang merupakan salah satu bukti sejarah dari Bangsa Indonesia. Palembang pada masa kerajaan terkenal dengan kerajaannya yang sangat luas dan berkuasa, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Sriwijaya diambil dari dua buah kata dalam bahasa sanskerta. Sri berarti "Bercahaya" atau "Gemilang" sementara Wijaya berarti "Kemenangan" atau "Kejayaan", maka sriwijaya itu bermakna "Kemenangan yang gilang-gemilang".

Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuasaan yang membentang dari kamboja, thailand selatan, semenanjung malaya, sumatera, jawa dan pesisir kalimantan. Sriwijaya merupakan pusat penyebaran dan kebudayaan Hindu pada masanya.

Bukit Siguntang adalah nama sebuah perbukitan kecil yang terdapat di kota Palembang. Disinilah para raja dari kerajaan sriwijaya dimakamkan. Seperti Raja Segentar Alam yang memiliki nama asli Iskandar Zulkarnain Alamsyah berasal dari Kerajaan Mataram, Panglima Bagus Kuning, namun ada juga makam keturunan para raja maupun para bangsawan seperti Putri Kembang Dadar dan Putri Rambut Selako.

Aku rasa cukup cerita sekilas mengenai Bukit Siguntang.
Naah, sekarang mari kita jalan-jalan sepintas kedalam Area Bukit Siguntang.


Selamat Datang Di Bukit Siguntang..

Beberapa meter dari sini, kita akan bertemu dengan loket untuk membeli tiket masuk kedalam area pemakaman Bukit Siguntang.

Abis itu, jalan lagi beberapa meter..
Kita akan bertemu dengan sebuah bangunan yang menurut saya abstrak tapi indah.
Jujur, saya seperti melihat Dewi Kwan Im. Seorang Dewi yang terkenal dengan welas asihnya.

Penasaran, seperti apa bangunannya?, ini:


Hehehee..
Gimana?...
Mungkin teman-teman bingung, kenapa saya bisa menyebutnya seperti itu.

Oh ya, masih banyak lagi foto-foto mengenai Bukit Siguntang, silahkan teman-teman klik ini:

Share This Post

0 komentar:

Posting Komentar