Do - Don't | Food For Cats

3 September 2013

Ternyata iseng itu bisa membuahkan hasil yang baik ya, contohnya artikel ini. Tadinya cuma mau iseng ketik Cat di google, eh malah dapet bonus Informasi bermanfaat tentang: Food Your Cat Should Never Eat bahasa indonesianya: Makanan kucing yang sebaiknya gak kita masukin ke Menu Makanan mereka.

Sumbernya: http://pets.webmd.com/
PR: 7 | Alexa: 411

Cukup mencengangkan sih menurut aku. Web ini isinya memang khusus kesehatan, dari Ibu hamil, Anak-anak sampai ke Hewan.. Berikut info tentang Makanan untuk kucing kita yang sebaiknya gak dimakan alias Food Your Cat Should Never Eat yang udah google dan aku translate bareng dan manual. Jadinya ya kalo ada kekurangan, maap ya teman-teman.. :D

Makanan Berbahaya?
Karena kucing memiliki sifat pemilih *Popo banget nih*, kadang kita harus mencari tau makanan apa yang mereka sukai. Namun bukan berarti saat Kucing kita "menjauh dari daging busuk, dia akan menyukai sepotong tuna segar". Fakta dibawah akan membuat kamu terkejut, ini dia:

1. Tuna
Terlalu banyak Tuna juga akan menyebabkan Keracunan Merkuri.

2. Bawang Putih, Bawang Merah, Daun Bawang
Semua jenis bawang, mulai dari bubuk, dimasak, dikeringkan atau mentah Bisa menghancurkan sel-sel darah merah pada kucing sehingga menyebabkan Anemia (kurang darah).

3. Susu
Sistem pencernaan kucing dewasa gak bisa memproses susu dan hasilnya adalah Diare atau Mencret.


4. Alkohol
Metabolisme kucing jauh lebih kecil dari Manusia. Jika hanya dengan 2 sendok Wiski bisa menyebabkan Koma dan kalo ditambah satu sendok lagi itu sama aja dengan membunuhnya. Semakin tinggi kadar yang diberikan akan semakin besar pula resikonya.

5. Buah Anggur atau Kismis
Walau belum ada penelitiannya tapi dengan kasih Anggur atau kismis bisa membuat kucing muntah-muntah.

6. Kafein
Kafein dalam jumlah besar bisa berakibat fatal bagi kucing dan gak ada obatnya. Gejala keracunan kafein itu biasanya: Gelisah, Nafas Cepat (seperti kehausan), dll. Selain didalam Teh dan Kopi, Kafein juga bisa ditemukan didaam Cokelat atau Coke atau minuman berenergi. Jangan salah, diobat-obatan pun ternyata masih ada kandungan kafeinnya. Jadi hati2 dalam memberi obat ya..

7. Cokelat
Cokelat juga gak baik untuk kucing. Walau beberapa kucing memakannya, tapi itu karena si Pemilik merayu supaya dia mau makan. Jika kucing terlalu sering dikasih Cokelat, bisa menyebabkan Irama Jantung menjadi gak stabil, Tremor, Kejang dan Kematian.


8. Permen
Permen, Odol, Cake (yang dipanggang) serta beberapa jenis makannan yang tercampur Xylitol bisa menyebabkan peningkatan insulin pada tubuh kucing. Puncaknya akan timbil yang namanya Gula Darah Kucing atau penurunan fungsi hati. Jadinya kucing bisa muntah-muntah, lesu atau hilangnya keseimbangan Tubuh.

9. Gajih
Kalo kebanyakan kucing kita bisa muntah-mintah.

10. Telur Mentah, Ikan atau daging mentah
Bakteri yang terkandung didalamnya bisa menyebabkan mencret.

12. Makanan Anjing
Put the right this in the right place, tentunya kebutuhan gizi kucing dan anjing berbeda. Jangankan Nutrisi, bentuk makanannya pun berbeda; Gigi Anjing dengan Gigi Kucing apalagi sistem penceraan.

13. Hati
Kalo kadar yang kita kasih sedikit, It's okay.. Tapi kalo sudah berlebihan.. Harus dikurangin yaa.. Karena bisa menyebabkan Keracunan Vitamin A *untungnya popo gak begitu suka Ati*

14. Terlalu banyak makan
Obesitas, gak ada lain bentuknya. Jangan sampe kucing/hewan kita kena ya.. >.< dan semoga yang udah kena cepat sembuh. Aamiin..

15. Ragi (dalam bentuk roti, tempe-tahu, biskuit, dan sejenisnya)
Ragi bisa menghasilkan Alkohol dan itu sangat gak baik untuk kucing.

16. Obat Manusia
Dosis manusia dengan hewan itu berbeda, kalo pun ada beberapa orang yang kasih Obat Manusia ke Kucing/Hewannya.. Sebisa mungkin kita ngurangin atau bahkan enggak. Kalo hewan kita sakit, coba perbaiki dulu Pola makanannya.


Ada buanyak ternyata pe-er kita yaah.. Salah satunya aku, ternyata Susu itu Gak bisa untuk pencernaan kucing seusia Popo *2,5 Tahun* . (-___-) Mudah-mudahan semakin baik lagi deh ke depannya, Aamiin.. Dan kalo temen-temen punya tambahan informasi, silahkan banget share disni ya.. Lumayan bisa dapat tambahan informasi lagi.. (^_^)

Salam,

Share This Post

4 komentar:

  1. ternyata kucing saja ga boleh sebarangan makan :o
    ga ky saya, makanan apapun di embat. Batagor, siomay, bakso, es krim :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya beda Mas Citra,
      Pencernaan kucing atau hewan dengan Manusia kan udah keliatan siklusnya.. *bukan brarti tembus pandang ya*

      Salam Kenal,

      Hapus
    2. hmm gt toh, btw itu ikan tuna brarti banyak mengandung merkuri ya. brarti ga baik jg donk buat manusia :o

      yap salam kenal jg :)

      Hapus
    3. Namun kandungan Merkurinya masih bisa dicerna oleh sistem pencernaan manusia Mas, tidak seperti kucing yang sistem pencernaannya tidak se-kompleks Manusia.

      Mas masih terngiang sm produk kosmetik yg pake merkuri yaa..
      :D

      Hapus